Senin, 09 Januari 2012

cara merawat komputer


1. Jaga kebersihan komputer.
Bersihkan bagian luar (casing, monitorm, keyboard, mouse, dll) dan bagian dalamkomputer(motherboard, power supply, dll) secara rutin. Untuk bagian luar gunakan lap halus dan cairan khusus (bila anda tahu dan yakin akan manfaatnya). Sedangkan untuk bagian dalam gunakan sikat atau kuas. Bila anda tidak yakin atau merasa kurang memiliki pengetahuan, maka coba minta bimbingan orang atau teman anda yang lebih ahli.
Bila anda suka makan, minum dan merokok di dekat / depan komputer, maka sebaiknya kebiasaan tersebut anda hilangkan karena bisa jadi remah-remah makanan, cairan kopi minuman ataupun nikotin dari rokok akan masuk dan menempel pada komponen komputer sehingga bisa saja akan mengakibatkan kerusakan.
2. Jaga Tegangan Arus Listrik
Bila tegangan di rumah anda kurang stabil, maka sebaiknya anda menggunakan alat penjaga tegangan / stabilizer (stavolt). Untuk lebih bagusnya lagi bila alat tersebut juga menggunakan batere seperti halnya UPS, untuk menjaga bila sewaktu-waktu bila aliran listrik PLN di rumah anda padam. Selain itu, jangan mematikan komputer dengan langsung memutus aliran listrik komputer, baik melalui tombol power, saklar, mencabut kabel, atau yang lainnya.
Untuk menjaga agar proses menghidupkan komputer tidak “menyedot” tegangan listrik secara drastis, hidupkan monitor, CPU, dan perangkat lainnya satu persatu (tidak bersamaan).
3. Jaga Suhu Komputer
Bila anda menggunakan komputer cukup lama, pastikan juga suhu CPU komputer terutama suhu processor selalu dalam keadaan dingin atau stabil dan masih dalam batas toleransi. Jika perlu tambahkan kipas pendingin / blower / colling fan atau alat pendingin lainnya untuk menjaga suhu processor tersebut. Bila perlu pasang software / program untuk menjaga dan mendinginkan processor, sedangkan untuk monitor atur settingan screen saver dan power saving.
4. Jauhkan dari benda bermagnet
Jauhkan komputer anda dari benda bermagnet atau sebaliknya jauhkan benda bermagnet darikomputer anda. Benda bermagnet tidak hanya mengganggu monitor, tetapi juga dapat mengganggu komponen yang ada dalam CPU komputer.

 
5. Lepaskan Perangkat yang sudah tidak terpakai
Keluarkan CD/DVD dari CD/DVD drive bila sudah tidak dipakai lagi. Agar komputer tidak selalu mengecek isi dari CD / DVD tersebut. sehingga lifetime dari CD/DVD dan CD/DVD drive akan bisa lebih lama. Lakukan hal yang sama untuk Flashdisk drive.
6. Jangan Terlalu Lama Menyimpan Komputer
Jaga jangan sampai komputer anda terlalu lama disimpan, sebab nantinya akan berembun. Bila anda hendak menyimpan komputer dalam waktu yang lama gunakan juga silica gell atau bahan lainnya yang dapat menyerap embun air dalam udara.
7. Pergunakan Dengan Baik.
Bila anda sering main game tentunya keyboard dan mouse kadang akan lebih cepat rusak. Oleh karena itu, jaga agar penekanan tombol / klik mouse tidak terlalu kuat / keras. Selain itu, sering-sering mengatur setting-an untuk mengganti pemakaian tombol keyboard sebelum tombol tersebut rusak.
8. Jauhkan cicak atau kecoa
Jika anda melihat cicak atau kecoa segera usir sebelum mendekati CPU anda. Sebab cicak atau kecoa tersebut bisa saja masuk ke dalam CPU anda. Ada teman saya yang power supply komputernya terbakar gara-gara cicak dan kecoa.
Coba bayangkan, mana yang patut dikasihani: Teman saya atau kecoa/cicaknya:D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

About